Standar Kompetensi
1.Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
1.1.Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu.
1.2.Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana.
1.3.Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar.
Indikator
Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
Menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat(aturan)integral.
Menentukan integral dengan cara substitusi aljabar.
Menentukan integral dengan cara substitusi trigonometri.
Menentukan integral dengan rumus integral parsial.
Menggambarkan suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva.
Menggunakan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
Menggunakan integral tertentu untuk menghitung volume benda putar dari daerah yang diputar terhadap sumbu koordinat.
A.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
Peserta didik dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
Peserta didik dapat menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.
Peserta didik dapat menentukan integral dengan cara substitusi aljabar.
Peserta didik dapat menentukan integral dengan cara substitusi trigonometri.
Peserta didik dapat menentukan integral dengan rumus integral parsial.
Peserta didik dapat menggambarkan suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva.
Peserta didik dapat menggunakan integral tertentu untuk menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
Peserta didik dapat menggunakan integral tertentu untuk menghitung volume benda putar dari daerah yang diputar terhadap sumbu koordinat.
B.Materi Ajar
Posting Komentar